Takut Kanker Payudara? Banyak Upaya yang dapat Anda lakukan

Kenali Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit kanker yang paling banyak menimpa para kaum wanita di berbagai belahan dunia. Mengenali sejak dini penyakit ini, dapat meminimalisir terserangnya kanker payudara yang  dapat menyebar, serta dapat melakukan pengobatan secara lebih efektif.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesis (KBBI) penyakit kanker payudara diartikan sebagai penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas.

Kanker Payudara Menjadi Penyakit yang Mematikan

Kanker payudara dan kanker serviks, menjadi penyakit yang dapat mematikan yang di kalangan wanita. Akan tetapi penyebab dari penyakit ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, sehingga para kaum wanita harus mewaspadai terhadap penyakit ini.

Penyakit ini pula menjadi jenis penyakit dengan insiden tertinggi di Indonesia, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan jumlah pasien kanker payudara menempati angka 16.85% dari seluruh pasien kanker.

Saat ini pula penyakit ini dapat menyerang kaum usia lebih muda, yaitu usia 35 tahun, padahal awalnya yang sering terserang penyakit ini adalah mereka yang berusia sekitar usia 50 tahun.

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Anda Kenali

Ciri-ciri awal dari penyakit ini pada umumnya tidak dapat dirasakan, mengapa demikian? karena keluhan atau gejala yang dirasakan oleh penderita ini seperti penyakit pada umumnya, sehingga banyak dari penderita meremehkan, sehingga berakhir pada kematian.

Mengenali ciri-ciri kanker payudara, terutama pada stadium 1 sangat penting, hal ini bertujuan, agar apabila sel kanker tersebut tumbuh, kalian tidak terlambat untuk mengobatinya.

Mari kita kenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1:

Munculnya benjolan pada payudara

Benjolan pada payudara menjadi salah satu pertanda awal dari munculnya kanker payudara. Benjolan tersebut tidak selalu terasa sakit. Meskipun demikian, tidak semua benjolan yang muncul dapat di kategorikan sebagai awal dari penyakit ini.

Benjolan tersebut dapat Anda rasakan dengan cara melakukan pemeriksaan pribadi di rumah, dan bisa lakukan saat Anda sedang menstruasi.

Warna pada kulit payudara yang berubah

Perubahan warna pada payudara terkadang disalah artikan dengan infeksi. Padahal, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di payudara, perubahan warna kulit mungkin bisa membuat Anda lebih waspada akan terserangnya kanker payudara.

Pada tahap ini, kulit payudara akan berubah menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi. Tekstur kulit pada payudara terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit.

Puting terasa sakit

Munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri, dan terkadang pula disertai keluar cairan tidak normal dari puting, menjadi ciri dari kanker payudara pada stadium 1.

Sehingga apabila Anda telah mengalami ciri tersebut, Anda diharuskan untuk segera memeriksakan kepada dokter.

Muncul benjolan pada ketiak

Munculnya benjolan pada ketiak pula menjadi salah satu ciri dari penyakit ini. Mengapa demikian? Karena jaringan kanker payudara meluas hingga ke bawah ketiak. Itulah yang menyebabkan dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Sebagai langkah awal mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, cobalah Anda untuk selalu rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan.

Dengan rajin melakukan SADARI juga dapat membantu Anda mengenali tekstur jaringan payudara Anda. Sehingga jika Anda merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada payudara, maka di haruskan untuk segera melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Upaya Mencegah Kanker Payudara Secara Alami

Semua penyakit pada umumnya tentu dapat dicegah, begitu pula pada penyakit ini. Walaupun pencegahan secara total sulit diketahui, karena penyebabnya belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara, diantaranya:

Rajin berolahraga

Tidak di ragukan lagi, olahraga menjadi kunci agar badan selalu sehat dan bugar, sehingga berbagai jenis penyakit dan virus tidak akan dengan mudah menyerang tubuh kalau tubuh Anda sehat dan bugar.

Dengan berolahraga akan membuat kadar estrogen dalam tubuh Anda menjadi turun. Sehingga dapat menjadikan Anda tidak mudah terserang oleh kanker payudara yang mematikan.

Mengurangi konsumsi lemak

Telah banyak diketahui, makanan berlemak tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh akan menambah Anda terkena resiko kanker payudara.

Sehingga jika Anda tidak ingin terkena penyakit ini, maka Anda harus mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti, mentega, susu full cream, dan margarin.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Tidak dipungkiri lagi, mengkonsumsi makanan yang bergizi sangat dianjurkan untuk tubuh, agar tubuh selalu sehat. Begitu pula untuk mencegah penyakit ini, sangat diperlukan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Adapun beberapa makanan yang dianjurkan untuk mencegah beresiko terkena kanker payudara adalah kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang merah dan kacang hijau. Selain itu pula, harus mengkonumsi banyak buah-buahan serta sayur-sayuran sehingga tubuh anda tetap sehat dan fit. Karena makanan adalah faktor penting sebagai penunjang tubuh, agar tetap sehat dan bugar.

Menjaga keseimbangan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas diketahui sebagai salah satu penyebab dari penyakit ini. Megapa demikian?  karena banyaknya timbunan lemak yang ada di dalam tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk tetap memperhatikan berat badan agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker payudara.

Menerapkan gaya hidup sehat

Pola hidup sehat menjadi langkah utamanya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Misalnya mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjaga berat badan agar tetap ideal, teatur dalam berolahraga, serta membatasi konsumsi alkohol. Merupakan pola hidup sehat, sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit ini, serta dapat mencegah berbagai penyakit lain.

Berilah ASI kepada buah hati

Bagi kalian yang telah melahirkan dan mempunyai momongan, sangat dianjurkan untuk memberikan ASI kepada buah hati Anda. Karena dengan menyusui memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Hal ini mungkin terjadi karena masa ovulasi mereka menjadi tidak rutin saat sedang menyusui sehingga tingkat estrogen tetap stabil.

Lakukanlah beberapa cara mencegah kanker payudara secara alami seperti sudah dijelaskan diatas, secara rutin dan sinambungan. Namun jika ternyata Anda menemukan adanya tanda dan gejala awal penyakit ini pada diri Anda, kami sarankan Anda segera memeriksakan ke dokter supaya segera mendapatkan penanganan medis.

Apabila Anda telah melakukan cara-cara tersebut diatas, dan akan tetapi Anda telat terserang kanker payudara, maka sebagai langkah awal, kami sarankan Anda mengkonsumsi Obat Herbal yang khusus dapat mengobati kanker, yang tentunya telah berstandar BPOM?

Mengapa harus BPOM, karena sudah terbukti bahan yang digunakan secara alami dan aman untuk di konsumsi dalam jangka panjang.

Demikianlah informasi seputar kanker payudara, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Sekian dan terimakasih.

Salam Sehat CV Karya Abadi….