Menjawab Kecemasaan Anda Tentang Penyakit Diabetes atau Kencing Manis

Kenali Penyakit Diabetes atas Kencing Manis

Penyakit kencing manis atau yang sering dikenal daibetes adalah penyakit yang menyerang pada gula dalam darah, karena disebabkan kurangnya insulin (zat aktif) yang dihasilkan oleh pancreas, untuk dapat mengolah dan menstabilkan gula darah menjadi suatu energy yang sehat.

Penyakit kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sulit untuk disembuhkan, akan tetapi dapat dikontrol atau dikurangi gula dalam darahnya. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadungan gula dalam darah yang disebabkan dari adanya gangguan sistem ketahanan tubuh.

Penyakit diabetes dapat dicegah sejak dini dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, olahraga teratur, dan melakuakn pola hidup sehat. Dan untuk mengetahui terserang atau tidaknya penyakit diabetes, harus melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Gejala umum Penyakit Diabetes

Banyak yang tidak mengetahui secara pasti mengenai gejala dari penyakit kencing manis secara benar dan tepat, karena tidak ada tanda dan gejala yang tidak terlalu dominan. Dan berikut ini beberapa gejala umum dari penyakit diabetes atau kencing manis.

1. Sering merasa haus

Gejala yang pertama dari penyakit kencing manis adalah sering merasa haus atau tenggorokannya kering, padahal tidak melakukan aktifitas apa-apa. Walaupun air putih baik untuk tubuh dan kesehatan, akan tetapi jika berlebih dan sesuai aturan, maka akan membuat seseorang mudah untuk kencing, dan sering mengalami kekembungan air, karena minum lebih dari jumlah normal orang minum pada umumnya.

2. Meningkatnya keiginan untuk buang air kecil

Gejala yang kedua ini sangat berkaitan dengan gejala yang pertama, karena apabila minum air putih yang berlebihan (diatas aturan yang telah ditentukan), maka akan meningkatkan resiko keinginan untuk buang air kecil.

3.Sering mengalami keram dan kesemutan

Gejala selanjutnya dari penyakit dabetes atau kencing manis adalah sering mengalami kram dan kesemutan. Hal ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang rusak dan darah yang mengalir melalui saraf berkurang. Sehingga mengakibatkan kaki menjadi kesemutan dan kram.

4. Mudah merasa letih

Gejala selanjutnya dari penyakit kencing manis adalah tubuh mudah letih atau lemas. Hal ini dilatar belakangi karena terdapat tubuh yang sudah tidak mampu lagi untuk melakukan proses glukosa ke dalam tubuh, sehingga mengakibatkan terserangnya penyakit kencing manis.

Jadi apabila seseorang telah mengalami gejala tersebut, maka tidak diperbolehkan untuk berkerja terlalu berat atau mengangkat beban yang berat.

5. Berat badan menurun drastis

Apabila Anda menderita obesitas atau kegemukan, dan Anda mengalami penurunan berat badan yang drastis atau tidak wajar, padahal Anda tidak melakukan program diet, maka Anda patut waspada terserang penyakit diabetes.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut dilatar belakangi oleh adanya pancreas dalam tubuh yang telah rusak. Pancres merupakan anggota tubuh yang memiliki peran penting dalam memproduksi insulin, yang berfungsi untuk mengolah glukosa menjadi energi yang utuh.

Sehingga apabila pancres dalam tubuh rusak, maka tubuh tidak dapat mengolah gula darah menjadi energi baik, sehingga menimbulkan resistensi, dan berdampak pada timbulnya penyakit kencing manis.

6. Sakit Kepala

Gejala terakhir dari penyakit kencing manis adalah mengalami sakit kepala (sakit kepala akut dan terus menerus). Sehingga apabila dari kalian ada yang mengalami gejala sakit kepala yang terus menerus, dan disertai dengan gejala-gejala lain diatas, maka harus melakukan pemeriksaan ke dokter, agar mengetahui secara pasti penyakit Anda, dan dapat dilakukan proses penyembuhan dengan tepat.

Cara Mencegah Agar tidak terkena Penyakit Kencing manis

Adapun cara untuk mencegah agar tidak terkena penyakit kencing manis adalah sebagai berikut:

  • Konsumsilah makanan yang mengandung gizi tinggi yang baik untuk tubuh.
  • Hindari jenis makanan yang mengandung lemak tinggi.
  • Lakukanlah olahraga dengan teratur, minimal 30 menit dalam sehari.
  • Lakukanlah aktifitas rutin, agar dapat menurunkan lemak dalam tubuh.
  • Hindari jenis makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.
  • Jagalah berat badan agar tetap ideal.

Baca juga:

Demikian pembahasan mengenai penyakit kencing manis atau diabetes, semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam Sehat Selalu dari Kami

CV Karya Abadi