Menganal Diabetes Nefropati dan Cara untuk Mengobatinya

mengenal diabetes nefropati dan cara untuk mengatasinyaCara-menyembuhkan.com – Diabetes Nefropati adalah komplikasi Diabetes Militus pada ginjal yang dapat berakhir sebagai gagal ginjal. Keadaani ini akan di jumpai pada 35-45% pada penderita diabetes militus terutama Diabetes Militus Tipe 1.

Pada tahun 1981, Diabetes Nefropati ini merupakan penyebab kematan urutan ke-6 di negara barat dan saat ini 25 % penderita gagal ginjal yang menjalani dialisis disebabkan oleh Diabetes Militus terutama tipe 2. Oleh karena itu, diabetes tipe ini lebih sering di jumpai.

Dibandingkan Diabetes Militus tipe 2, Diabetes Nefropati pada Diabete Militus tipe 1 jauh lebih progresif dan dramatis.  Dengan meremehkan penyakit DM maka bisa berkomplikasi ke Diabetes Nefropati. Berdasar studi Prevalensi mikroalbuminuria (MAPS), hampir 60% dari penderita hipertensi dan diabetes di Asia menderita diabetes nefropati. Presentasi tersebut terdiri atas 18,8 % dengan Makroalbuminuria dan 39,8 % dengan mikroalbuminuria. Apa yang menyebabkan Diabetes Nefropati?

Ginjal secara efektif satu besar penyaring untuk tubuh dan memiliki pekerjaan menghilangkan produk-produk limbah dari darah. Saat darah mengalir melalui pembuluh darah dalam ginjal, produk limbah menyaring melalui lubang-lubang kecil di dalam pembuluh darah. Limbah menjadi bagian dari urin. Zat yang berguna seperti protein terlalu besar untuk menyaring melalui dan dengan demikian tinggal dalam darah.

Kadar glukosa darah tinggi (gula) menyebabkan ginjal menyaring terlalu banyak darah. Hasil ini adalah bahwa pembuluh darah dinding menjadi menebal dan bentuk kebocoran. Ginjal tidak dapat menyaring produk limbah dari darah ke dalam urin benar dan zat yang berguna seperti protein yang hilang dalam urin.

Gejala Diabetes Nefropati

Tidak ada gejala yang jelas nefropati pada tahap awal. Hal ini membuat pengujian rutin sangat penting untuk mendeteksi kondisi. Jika tidak diobati, tubuh akan kehilangan banyak protein dalam urin dan ini dapat menyebabkan retensi air atau edema, terutama di sekitar pergelangan kaki. Akhirnya kondisi dapat menyebabkan ginjal tidak mampu mengeluarkan produk sisa dari tubuh.

Dalam situasi seperti ini Anda akan membutuhkan dialisis atau transplantasi. Pengujian untuk nefropati sering dapat dilakukan dengan menggunakan dipstick urin seperti Albustix, yang akan menunjukkan jika ada kandungan protein dalam urin.

Faktor Resiko Terkena Diabetes Nefropati

Tidak semua pasien Diabetes Militus tipe I dan II berakhir dengan diabetes nefropati. Dari studi perjalanan penyakit alamiah ditemukan beberapa faktor resiko antara lain:

  1. Hipertensi dan prediposisi genetika
  2. Kepekaan (susceptibility) Nefropati Diabetika
    a. Antigen HLA (Human Leukosit Antigen)
    Beberapa penelitian menemukan hubungan Faktor genetika tipe antigen HLA dengan kejadian Nefropati Diabetik. Kelompok penderita diabetes dengan nefropati lebih sering mempunyai Ag tipe HLA-B9
    b. Glukose Trasporter (GLUT)
    Setiap penderita DM yang mempunyai GLUT 1-5 mempunyai potensi untuk mendapat Nefropati Diabetik
  3. Hiperglikemia
  4. Konsumsi protein hewani

Bagaimana Anda dapat Mencegah Kerusakan Ini?

Cara terbaik untuk mencegah nefropati adalah dengan menjaga kontrol ketat kadar glukosa darah dan tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi memiliki efek besar pada ginjal dan dapat memperburuk atau berkontribusi untuk nefropati. Pemantauan glukosa darah dan tekanan darah akan membantu Anda melihat ketika tingkat Anda terlalu tinggi dan memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan.

Pengobatan Diabetes Nefropati

Pengobatan nefropati biasanya melibatkan perubahan pola makan, membatasi jumlah protein dalam diet, dan mengontrol tekanan darah tinggi, yang dapat memperburuk masalah. Pengobatan juga dapat melibatkan mengambil obat-obatan seperti inhibitor ACE. Dalam skenario kasus buruk dialisis atau transplantasi mungkin diperlukan. Yang paling penting untuk diingat adalah untuk memastikan Anda memiliki urin Anda diuji untuk protein setidaknya sekali setahun.

Tapi, untuk meastikan pengobatan tersebut aman dan efektif Anda bisa menggunakan pengobatan herbal Diabetavin yang terbukti sangat efektif mengatasi berbagai masalah kesehatan tanpa efek samping yang dapat membahayakan kesehatan, karena herbal ini memang terbuat bahan yang sangat alami yaitu kulit manggis dan daun sirsak. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

Dengan mengkonsumsi herbal penyembuhan Diabetavin secara contunue maka penyakit diabetes nefropati yang Anda rasakan selama ini akan berangsur-angsur membaik. dan ini adalah solusi terbaik yang harus Anda lakukan saat ini.

Facebook Comments