Cara Paling Mudah Menyembuhkan Insomnia Yang Jarang Diketahui

cara menyembuhkan insomniaCara-meyembuhkan.com – Agar tidur Anda nyenyak dan tidak terjadi kendala saat istirahat, maka menyembuhkan insomnia adalah hal utama yang harus Anda lakukan. Karena insomnia merupakan gangguan kesehatan bagi setiap manusia, insomnia ditandai dengan sulit atau tidak dapat tidur nyenyak secara terus menerus. Ini akan menurunkan sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya mengganggu kesehatan, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Selain pengertian diatas, insomnia juga bisa diartikan sebagai kondisi bangun tidur namun merasakan ketidaknyamanan dalam dirinya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa insomnia adalah ketidakmampuan seseorang mendapatkan waktu tidur yang cukup atau memadai untuk mejadikan dirinya kembali segar saat bengun setelah melakukan banyak aktivitas setiap harinya.

Jumlah waktu tidur seseorang sangat bervariasi dan berbeda-beda. Tapi, sebagian besar orang dewasa memerlukan waktu tidur minimal 8 jam untuk membuat dirinya kembali segar. Sebanyak 30% – 40% orang dewasa mengalami masalah insomnia dalam kurun waktu setahun. Sekitar 10% -15% nya mengalami insomnia kronis/kritis.

Penyebab Insomnia

Menyembuhkan insomnia harus Anda lakukan dengan sesegera mungkin, karena ini akan berdampak pada aktifitas yang akan Anda lakukan. Kurang tidur akan menjadikan Anda lemas dan kurang fokus saat menjalani aktifitas sehari-hari. Untuk itu, kenalilah penyebab atau masalah insomnia dengan baik. Dan berikutini adalah masalah yang paling umum dialami :

  • Stres
  • Cemas berlebihan
  • Depresi
  • Penggunaan obat tertentu
  • Mengkonsumsi kafein, alkoholdan nikotin
  • Perubahan lingkungan
  • Kebiasan tidur yang buruk
  • Makan terlalu bnayk saat malam hari
  • Kondisi penyakit tertentu

Gejala Insomnia

Selain memahami penyebab terjadinya insomnia, Anda juga harus memahami gelaja dari penyakit insomnia itu sendiri. Banyak gejala yang bisa kita lihat jika seseorang mengalami masalah ini, antara lain meliputi:

  • Kesulitan untuk tidur, biasanya butuh waktu lama untuk bisa tidur kira-kira 30 menitan
  • Sering terbangun di malam hari
  • Kesulitan untuk kembali tidur
  • Terbangun terlalu pagi padahal tidur larut malam
  • Badan terasa tidak segar
  • Sulit fokus atau konsentrasi
  • Sering mengantuk disiang hari
  • Mudah marah
  • Suasana hati kacau

Tips Menyembuhkan Insomnia

Menyembuhkan insomnia harus segera di lakukan, jika tidak dikhawatirkan dapat menimbulkan banyak komplikasi kesehatan lainnya, atau bahkan dalam kasus yang paling parah dapat menyebabkan kematian. Berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan dalam rangka menyembuhkan masalah insomnia, yaitu:

Merilekskan Pikiran

Cara menyembuhkan insomnia yang pertama adalah dengan cara melakukan meditasi secara rutin setiap hari menjelang tidur akan membauat pikiran terasa rileks, sehingga menjadikan seseorang mudah untuk tidur, karena menurut beberapa penelitian salah satu penyebab seseorang sulit tidur adalah pikiran yang kurang rileks dan terasa terbebani dengan segala masalah yang dialami.

Membiasakan Tidur Tidak Larut Malam

Membiasakan untuk tidur tidak terlalu malam akan memprogram pikiran untuk terbiasa tidur lebih cepat, sehingga itu akan membuat seseorang mudah untuk tidur setiap saat tanpa mengalami kesulitan.

Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuh, sehingga akan membuat tubuh terasa rileks dan membuat seseorang mudah untuk tidur.

Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Kefein

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, cokelat, minuman bersoda sebelum tidur akan membuat saraf di dalam tubuh tegang yang mengakibatkan seseorang sulit untuk tidur. Jadi, hindari kafein sebelum tidur.

Buatlah Situasi Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Membuat ruangan tidur Anda senyaman mungkin akan berpengaruh pada tidur  Anda. Ini akan membuat Anda mudah untuk tidur karena merasa nyaman dan rileks.

Jangan Mengkonsumsi Obat Tidur

Hindari pemakaian obat tidur, karena ini dapat menyebabkan ketergantungan dan dalam jangka waktu panjang dapat berpengaruh buruk pada kesehatan.

Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh lebih sehat karena aliran darah didalam tubuh mengalir dengan lancar, sehingga ini membuat Anda merasa rileks dan nyaman.

Membiasakan Gaya Hidup yang Sehat

Terbiasa dengan gaya hidup yang sehat dapat membantu Anda mengatasi masalah insomnia, seperti: menjaga kebersihan tempat tidur, jangan banyak makan sebelum tidur dan lain-lain.

Menggunakan Pengobatan Herbal

Sekarang ini banyak pengobatan yang tersedia dan bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah insomnia. Akan tetapi, pengobatan herbal secara alami tanpa efek samping berbahaya masih menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi masalah ini.

Pengobatan herbal yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan Natural Remedies. Herbal ini terbuat dari ekstrak kulit manggis dan daun sirsak yang mana kedua bahan herbal tersebut sangat berkualitas tinggi dan terkenal dengan khasiatnya yang luar biasa dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Anda tidak perlu khawatir ataupun ragu untuk menggunakan herbal ini, karena herbal ini di produksi dengan diawasi langsung oleh profesional dari Perhimpunan Herbalis Indonesia (PHI). Selain itu juga sudah mendapatkan ijin dari Depkes RI dan pemasarannya pun sudah berskala internasional.

Demikianlah cara menyembuhkan insomnia yang sudah Anda pahami, silahkan Anda lakukan sendiri cara atau tips tersebut sesuai dengan kebutuhan diri Anda. Salam herbalis, dan semoga bermanfaat.