Benarkah Sakit Gigi Mempengaruhi Jantung?

sakit gigiBenarkah Sakit Gigi Mempengaruhi Jantung? – Penyakit Kardiovaskular adalah penyakit yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah. Lebih dari 80 juta orang di Amerika Serikat memiliki satu atau lebih bentuk penyakit kardiovaskular. Bentuk-bentuk penyakit itu antara lain, tekanan darah tinggi, jantung koroner, stroke dan gagal jantung.

Menurut penelitian ada hubungan antara penyakit kardiovaskular dengan penyakit pada gigi/gusi. Bentuk sakit gigi/gusi yang dimaksud adalah gingivitis (radang gusi) dan periodontitis (tulang gigi keropos). Penyakit-penyakit pada gigi atau gusi ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular. Itulah sebabnya mengapa penting bagi kita untuk menjaga kebersihan gigi serta rajin memeriksakan diri ke dokter gigi.

Hubungan Antara Sakit Gigi dan Kardiovaskular

Protein inflamasi dan bakteri terkait penyakit gusi/gigi bisa memasuki aliran darah seseorang sehingga dapat menyebabkan berbagai efek pada sistem kardiovaskular. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Richmond Dental menyatakan bahwa adanya bakteri diketahui menyebabkan periodontitis gigi dan penebalan dinding pembuluh darah, keadaan seperti ini bisa terlihat pada penderita penyakit jantung. Setelah memeriksa lebih dari 650 sampel pasien gigi, para peneliti menyimpulkan bahwa adanya bakteri yang sama pada gigi menyebabkan periodontitis gigi yang dikaitkan dengan tingkat peningkatan penebalan pembuluh darah.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Gigi dan Kesehatan Jantung?

Sebelum sakit gigi menlanda, berlatihlah kebersihan gigi secara tepat adalah penting untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Ini termasuk flossing secara teratur, menyikat dua kali sehari dengan pasta gigi anti bakteri, dan mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali. Diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu dengan baik kesehatan jantung dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter

Menginformasikan pada dokter Anda jika Anda telah didiagnosa dengan bentuk penyakit periodontal atau saat mengalami masalah apapun dengan peradangan gigi/gusi. Demikian juga, menginformasikan dokter gigi Anda jika Anda telah didiagnosa dengan segala bentuk penyakit kardiovaskular, telah mengalami masalah kardiovaskular, atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung.

Merawat kesehatan gigi dan gusi sepertinya adalah hal yang mudah. Namun, jika Anda tidak melakukannya secara tepat penyakit kardiovaskular bisa saja mengancam kesehatan Anda.

Disamping melakukan perawatan gigi secara baik, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal Natural Remedies untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular atau jantung. Obat herbal Natural Remedies terbuat dari perpaduan antara ekstrak kulit manggis dan ektrak daun sirsak yang dikususkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan termasuk penyakit jantung . Natural Remedies adalah 100% alami tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca juga artikel kesehatan lainnya >>