Bahaya Radiasi Komputer Terhadap Mata

bahaya radiasi komputer terhadap mataCara-menyembuhkan.com – Di era modern seperti sekarang ini, semua pekerjaan dituntut untuk menggunakan komputer. Radiasi komputer karena menatap layar monitor selama berjam-jam akan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mata. Gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer disebut Computer Visi Syndrome (CVS) atau sindrom visi komputer. Istilah ini mencakup berbagai macam kelelahan pada mata.

Penelitian menunjukkan komputer menjadi masalah utama pada kesehatan mata. Di suatu tempat antara 50-90% orang yang bekerja di layar komputer memiliki setidaknya beberapa gejala masalah mata. Selain itu, orang dewasa yang setiap hari bekerja dengan komputer bukanlah satu-satunya yang bisa rentan terhadap gangguan mata. Anak-anak yang menatap video game atau yang menggunakan komputer sepanjang hari di sekolah juga rentan terkena penyakit mata, terutama jika pencahayaan dan posisi komputer kurang ideal.

Radiasi Komputer Terhadap Kesehatan Mata

Sindrom visi komputer mirip dengan carpal tunnel syndrome dan cedera stres yang berulang di tempat kerja. Hal ini bisa terjadi karena Anda melakukan gerakan atau kegiatan yang sama berulang-ulang.

Bekerja di depan komputer mengharuskan mata terus fokus, bergerak maju mundur dan menyelaraskan dengan apa yang Anda lihat. Mata harus bekerja ekstra teliti untuk mengakomodasi perubahan gambar pada layar untuk menciptakan gambaran yang jelas bagi otak untuk menafsirkan.

Semua fungsi ini memerlukan kekuatan otot-otot mata. Bekerja pada layar komputer lebih menantang untuk mata Anda daripada membaca buku, karena layar komputer juga menambahkan unsur-unsur kontras layar, flicker, dan silau. Masalah yang lebih berat dari penggunaan komputer akan muncul jika sebelumnya Anda telah menderita rabun jauh atau rabun dekat. Memakai kacamata bisa mengurangi bahaya radiasi komputer.

Bagaimana Gejala CVS?

CVS memang akan dirasakan sebagai sumber penyebab kelelahan mata dan ketidaknyamanan. Namun, jika hal ini dibiarkan terus menerus tidak menutup kemungkinan adanya gangguan mata yang lebih serius seperti katarak dan glaukoma. Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat CVS adalah :

  • Penglihatan Kabur
  • Penglihatan Ganda
  • Kering, Mata merah
  • Iritasi Mata
  • Sakit Kepala
  • Sakit Leher atau punggung

Jika gejala ini tidak diobati, mereka dapat memiliki efek nyata pada performa kerja Anda.

Bagaimana Mengurangi CVS?

Membuat beberapa perubahan sederhana dalam lingkungan kerja dapat membantu mencegah dan memperbaiki gejala CVS. Perubahan-perubahan tersebut antara lain:

Kurangi Pencahayaan

Mengubah pencahayaan di sekitar Anda untuk mengurangi silau pada layar komputer. Anda bisa memindah komputer jika letaknya terlalu dekat dengan jendela atau sumber cahaya. Memberikan LCD filter untuk membantu melindungi mata Anda.

Tata Ulang Meja

Para peneliti menemukan bahwa posisi optimal untuk monitor komputer Anda sedikit di bawah tingkat mata, sekitar 20 – 28 inci dari wajah. Pada posisi itu, Anda tidak harus meregangkan leher atau ketegangan mata Anda untuk melihat apa yang ada di layar.

Istirahatkan Mata

Berpaling dari layar setiap 20 menit atau lebih dan baik menatap keluar jendela atau memindai ruangan selama sekitar 20 detik untuk mengistirahatkan mata Anda. Jika mata menjadi terlalu kering, coba gunakan obat tetes mata.

Atur Pencahayaan Komputer Anda

Anda tidak harus bekerja dengan pengaturan komputer sesuai instalan pabrik. Agar Anda terhindar dari radiasi komputer yang berbahaya Anda dapat menyesuaikan kecerahan, kontras, dan ukuran font sampai Anda menemukan pengaturan terbaik untuk mata Anda.

Konsultasi dengan Dokter Mata

Kunjungi dokter mata Anda secara teraturĀ  untuk memastikan kesehatan mata. Biarkan dokter tahu tentang kelelahan mata atau masalah lain yang Anda alami di tempat kerja. Anda mungkin perlu kacamata atau lensa kontak untuk memperbaiki masalah mata karena radiasi komputer. Dokter mata akan membantu menentukan apakah Anda hanya bisa memakai kacamata biasa atau jika Anda perlu kacamata komputer khusus.

Kebiasaan yang salah akibat penggunaan komputer dapat berakibat buruk pada kesehatan mata dalam jangka waktu panjang. Rabun jauh dan rabun dekat adalah salah satu akibat dari penggunaan komputer yang salah. Memang gejala ini bisa dihindari dengan menggunakan kaca mata. Namun, jika Anda tetap mengabaikan kesehatan mata Anda bukan tidak mungkin penyakit mata lain seperti katarak dan glaukoma juga bisa terjadi.

Glaukoma adalah penyakit penyebab kebutaan yang paling umum. Penyakit ini adalah penyakit yang perlu diwaspadai karena sering kali timbulnya penyakit ini tanpa adanya tanda-tanda gejala. Faktor keturunan adalah penyebab utama penyakit ini. Namun dengan membiasakan hidup sehat, menjaga kesehatan mata, tidak memaksakan mata untuk bekerja, akan meminimalisir kemungkinan terjadinya Glaukoma.

Selain itu, mengkonsumsi obat herbal alami adalah cara pencegahan yang tepat. Jika Anda memiliki riwayat keluarga terkena Glaukoma, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi obat herbal 3 atau 6 bulan sekali. Obat herbal yang kami rekomendasikan adalah Natural Remedies. Obat herbal penyembuhan ini secara konstruktif menjaga Anda dari penyakit Glaukoma yang bisa menjadikan kebutaan permanen.

Baca juga artikel lainnya >>