Apa itu Penyakit Alzheimer?

memahami penyakit alzheimer secara mendetailCara-menyembuhkan.com – Penyakit Alzheimer (salah satu tipe demensia) adalah degenerasi progresif dari jaringan otak yang terutama menyerang orang di atas usia 65 tahun. Ini adalah penyebab paling umum dari demensia dan ditandai dengan penurunan mental yang sangat signifikan dan destruktif. Fungsi intelektual seperti memori, pemahaman, dan kemampuan berbicara memburuk.

Gangguan memori adalah gejala penting dari penyakit Alzheimer dan sering menjadi tanda pertama dari penyakit ini. Gejala didahului dengan kehilangan memori. Semakin lama, perhatian cenderung menyimpang, perhitungan sederhana menjadi sulit dilakukan, dan kegiatan sehari-hari akan terasa semakin sulit, disertai dengan kebingungan dan frustrasi. Gejala ini cenderung memburuk di malam hari.

Perubahan suasana hati yang dramatis dapat terjadi, seperti ledakan kemarahan, rasa takut, dan periode apatis mendalam. Penderita semakin bingung dan mungkin tidak mengenal tempat yang biasanya sangat akrab dengannya. Masalah fisik, seperti tingkah laku aneh atau kehilangan koordinasi, secara bertahap akan berkembang. Akhirnya, pasien mungkin menjadi tidak berdaya secara fisik, mengompol, dan tidak mampu berkomunikasi sama sekali.

Penyakit Alzheimer dapat berjalan dengan sendirinya dari onset sampai kematian hanya dalam beberapa tahun. Umumnya, orang menderita penyakit Alzheimer selama sekitar sembilan tahun. Ini adalah penyebab utama kematian keenam di AS. Satu dari delapan orang dari usia 65 tahun dan lebih memiliki penyakit alzheimer. Wanita lebih rentan dibandingkan pria, dan diperkirakan setengah dari semua penghuni panti jompo menderita Alzheimer atau gangguan terkait.

Apa Penyebab Penyakit Alzheimer?

Biasanya, orang mengembangkan penyakit Alzheimer saat mereka tumbuh dewasa, tetapi penyakit ini bukan merupakan hasil alami dari penuaan. Ini adalah kondisi abnormal yang penyebabnya masih dalam penyelidikan.

Hilangnya bertahap fungsi otak yang mencirikan penyakit Alzheimer tampaknya disebabkan oleh dua bentuk utama dari kerusakan saraf:

  • Sel-sel saraf berkembang kusut (neurofibrillary tangles)
  • Deposito protein yang dikenal sebagai plak beta-amyloid berkembang di otak

Para peneliti belum bisa meyakinkan mengapa atau bagaimana proses ini dapat terjadi, namun beberapa penelitian baru-baru ini menemukan bahwa hal tersebut disebabkan karena protein darah yang disebut apoE (apolipoprotein E), yang diperlukan untuk pengangkutan zat lemak dalam tubuh.

plak-pada-otak-alzheimer

Seperti semua protein, bentuk apoE yang ada dalam tubuh seseorang ditentukan secara genetik. Jenis-jenis ApoE telah teridentifikasi, dan beberapa dari mereka terkait dengan peningkatan risiko tinggi dari penyakit Alzheimer. Bentuk tertentu dari ApoE menyebabkan kerusakan saraf.

Kemungkinan lain adalah bahwa protein, mungkin bekerja dalam kombinasi dengan zat-zat lainnya, yang terlibat dalam pembentukan plak. Terlepas dari benar atau tidak apoE menyebabkan Alzheimer, namun gen hampir pasti memainkan peran dalam penyakit ini, dan seseorang dengan orang tua yang memiliki penyakit Alzheimer berada pada risiko yang lebih tinggi.

Penyebab Lainnya Juga Telah Dilaporkan!

Satu teori menunjukkan bahwa menelan partikel kecil dari aluminium, dari peralatan masak misalnya, juga dapat menyebabkan Alzheimer. Pembentukan plak akibat radikal bebas, melekul bebas juga berkontribusi terhadap penyakit Alzheimer. Reaksi kimia dari radikal bebas dapat merusak saraf dan menyebabkan Alzheimer. Kedua teori ini memang masih kontroversial dan belum terbukti, namun banyak peneliti mempertimbangkan hubungan antara Alzheimer dan alumunium.

Dapatkah Penyakit Alzheimer Dicegah?

Karena penyebab sebenarnya dari penyakit Alzheimer tidak diketahui, saat ini tidak ada yang dapat dilakukan untuk menjamin pencegahannya. Menjaga kondisi mental dan fisik Anda agar tetap aktif secara mental dan fisik, menjaga normal tekanan darah dan menghindari cedera kepala dengan mengenakan sabuk pengaman dan helm sehingga dapat mengurangi potensi Anda untuk mengembangkan demensia Alzheimer.

Hal ini penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa ada penyebab demensia selain penyakit Alzheimer yang dapat dicegah dengan cara seperti makan dengan baik, berolahraga, berhenti merokok, dan membatasi alkohol yang anda minum. Dokter dapat menyarankan Anda tentang kebiasaan gaya hidup sehat lain yang bisa Anda lakukan yang dapat membantu mencegah demensia.

Pencegahan dan perawatan praktis untuk penyakit Alzheimer dapat dilakukan, salah satunya dengan suplemen antioksidan yang dikemas dalam obat herbal Natural Remedies. Kandungan herbal aktifnya sangat cocok untuk pencegahan berbagai penyakit, termasuk Alzheimer.

Facebook Comments