Apa itu kolesterol tinggi – Kolesterol adalah jenis lemak dalam darah kita yang membantu tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru, menghasilkan hormon dan melindungi saraf.penyebab dan cara menyembuhkan kolesterol tinggi

Hati adalah organ utama yang menghasilkan semua kolesterol yang dibutuhkan tubuh kita. Selain produksi kolesterol alami dalam tubuh kita, kita juga bisa mendapatkan kolesterol dalam makanan yang kita makan. Asupan tinggi makanan berlemak dan gula dapat menyebabkan kolesterol tinggi yang merupakan faktor resiko utama penyakit jantung. Terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan pengerasan arteri (atherosclerosis).

Kondisi pengerasan arteri ini bisa diibaratkan seperti sebuah pipa di bagian bawah wastafel yang tersumbat. Seperti penumpukan lemak di pipa, penumpukan kolesterol mempersempit arteri dan membuat darah sulit mengalir. Hal ini mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh Anda, termasuk jantung. Kondisi seperti ini menyebabkan masalah serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Jenis Kolesterol

Kolesterol terbagi atas 3 jenis yaitu LDL, HDL dan Trigliserida. LDL (Low Density Lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol jahat. Ini adalah jenis kolesterol yang dapat menghambat arteri. Ada juga kolesterol baik yaitu HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol ini membantu membersihkan lemak dari darah dan dapat membantu melindungi kita dari serangan jantung. Sedangkan Trigliserida adalah jenis lain dari lemak dalam darah. Orang-orang dengan LDL tinggi dan Trigliserida tinggi memiliki kesempatan lebih tinggi terkena serangan jantung.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh hal-hal berikut :

  • Umur
  • Genetik
  • Penyakit seperti hipotiroidisme
  • Obesitas
  • Kurangnya Latihan
  • Makanan yang kita makan

Pengukuran

Kadar kolesterol diukur dengan tes darah. Kolesterol normal terletak antara 200-239. Jika melebihi angka 240 dikatakan sebagai Kolesterol tinggi. Sementara di bawah 200 adalah tingkat yang ideal.

ukuran-kolesterolTanda dan Gejala Kolesterol Tinggi

Pada umumnya orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala apapun. Penderita kolesterol tinggi akan mengetahui jika terjadi penyumbatan dalam arteri. Jadi, untuk bisa mengetahui kadar kolesterol alangkah baiknya jika Anda selalu memeriksakan diri ke dokter.

Tes Darah

Ada beberapa jenis tes darah untuk Kolesterol Tinggi :

  • Tes kolesterol sederhana dapat mengukur kolesterol total dan HDL .
  • Tes LDL langsung mengukur tingkat LDL Anda saja.
  • Uji Puasa kolesterol . Ini adalah tes yang paling lengkap karena mengukur semua lemak dalam darah Anda , termasuk LDL dan HDL , dan trigliserida . Puasa diperlukan 9 sampai 12 jam sebelum tes ini.

Mengatur Pola Hidup

Mengubah gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan lebih hijau dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Olahraga teratur juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Anda juga dapat menjaga kadar koleterol Anda tetap normal dengan mengkonsumsi obat herbal kesehatan Natural Remedies. Kandungan esktrak kulit buah manggis dan daun sirsak dalam Natural Remedies efektif menjaga kestabilan kolesterol Anda.

 

Facebook Comments