16 Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Kanker Lidah

Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan jenis penyakit yang tumbuh pada sel-sel lidah (tepatnya pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah). Sel skuamosa adalah sel yang berbentuk datar atau pipih yang melapisi permukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan tenggorokan.

Pada dasarnya secara anatomi tubuh manusia, lidah terdiri atas dua bagian, yaitu lidah bagian depan (yang terletak dalam mulut) dan lidah bagian pangkal (yang terletak di dekat tenggorokan). Dan kanker lidah dapat menyerang pada kedua bagian lidah tersebut.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui kanker yang tubuh pada lidah bagian depan di kategorikan sebagai kanker mulut, sedangkan kanker yang tumbuh pada bagian pangkal lidah termasuk dalam kanker orofaring.

kanker, kanker lidah, gejala kanker lidak, penyebab kanker lidah, cara mengobati kanker lidah, cara menyembuhkan kanker lidah6 Gejala Kanker Lidah

Seperti halnya penyakit kanker lain pada umumnya yang menunjukkan beberapa gejala. Benyakit kanker lindah pula menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Menderita sakit tenggorokan yang berlangsung lama dan terus menerus
  2. Tenggorokan terasa sakit saat menelan manelan makanan dan sejenisnya
  3. Terdapat bercak merah dan putih, serta benjolan seperti sariawan yang tidak sembuh-sembuh
  4. Lidah mengalami pendarahan yang tanpa sebab
  5. Menderita rasa sakit pada telinga
  6. Menderita sakit kebas pada mulut yang tidak kunjung sembuh dan hilang

Perhatian!!!

Apabila Anda telah mengalami gejala-gejala tersebut diatas yang berlangsung selama tiga minggu, maka sangat Anda harus segera memeriksakan ke dokter. Terutama jika Anda adalah perokok berat dan sering mengonsumsi minuman keras.

5 Faktor Pemicu Kanker Lidah

Pada dasarnya penyebab dari kanker lidah belum sdiketahui secara spesifik dan pasti. Akan tetapi terdapat faktor-faktor tertentu yang dapat memicu kemunculan dari penyakit kanker lidah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

#1. Perokok aktif dan pasif

Rokok sangat kita kenal tidak baik untuk kesehatan, dan yang perlu Anda ketahui bahwa rokok dan asap rokok dapat menimbulkan penyakit kanker lidah. Karena 85% kanker yang menyerang daerah kepala dan leher (termasuk lidah) disebabkan karena mengkonsumsi tembakau atau rokok.

Selain itu, asap rokok atau perokok pasif pula beresiko lebih tinggi terserang kanker pada bagian tubuh kepala dan leher.

#2. Minuman keras (alkohol)

Seperti halnya rokok, minuman keras (alkohol) pula sangat dikenal tidak baik untuk kesehatan, dan dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker lidah. Apalagi kalau alkohol di kombinasikan dengan rokok, maka akan semakin meningkatkan resiko terserang penyakit tersebut.

#3. Mulut yang tidak bersih

Mulut yang tidak di jaga kebersihannya meningkatkan resiko terserangnya penyakit kanker lidah. Karena mulut yang tidak bersih meningkatkan berkembangnya kuman dan bakteri yang menimbulkan berbagai penyakit.

Jadi sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan mulut agar tidak terserang penyakit kanker lidah.

#4. Luka pada mulut yang tidak kunjung sembuh

Kanker lidah sangat dikaitkan dengan luka pada mulut yang tidak kunjung sembuh. Luka tersebut dapat di akibat patahan gigi yang melukai bagian dalam mulut atau sariawan yang sering muncul dan tidak kunjung sembuh.

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Indonesia dihasilkan, bahwa seseorang yang tidak menjaga kebersihan mulut berisiko 2,3 kali lebih tinggi mengalami kanker rongga mulut, termasuk lidah.

#5. Terserang virus Human papillomavirus (HPV)

Virus HPV sangatlah jarang menyerang manusia apada umumnya, akan tetapi jika seseorang telah terserang virus HPV, maka dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga memicu tumbuhnya sel kanker (khususnya kanker lidah).

Dan yang perlu Anda ketahui bahwa virus tersebut dapat terjadi jika Anda bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi oleh virus HPV atau melalui kontak seksual, seperti hubungan intim, seks anal, maupun seks oral.

5 Upaya yang dapat di Cegah agar Tidak Terkena Kanker Lidah

Pada dasarnya penyakit kanker lidah yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa terdapat upaya yang dapat dilakukan agar tidak terkena kanker lidah, dianatanya adalah:

  1. Lakukankan hubungan seksual secara sehat, dengan memakai kondom saat melakukan hubungan seksual (kecuali saat program memiliki anak).
  2. Dapatkan vaksin Human papillomavirus (HPV)
  3. Jangan merokok
  4. Jangan minum alkohol
  5. Jaga kesehatan gigi dan mulut

Gejala-gejala Telah Nampak, Apa yang harus dilakukan???

  • Apabila Anda telah mengalami gejala-gejala tersebut diatas, maka Anda harus dengan segera melakukan pemeriksaan ke dokter , untuk mengetahui apakah Anda terkena penyakit kanker lidah atau tidak.
  • Jika telah di fonis oleh dokter Anda terserang penyakit tersebut, maka harus dengan segera melakukan pengobatan, dengan menggunakan obat khusus untuk penyakit Anda.
  • Anda dapat memilih obat herbal atau obat kimia untuk mengobati penyakit Anda. Karena sekarang ini sudah banyak obat untuk kanker lidah yang dijiual di pasaran.
  • Anda haruslah bijak dalam memilih obat untuk menyembuhkan penyakit Anda. Dengan memperhatikan beberapa komponen dalam obat yang akan Anda gunakan.
  • Kami sarankan untuk mengobati penyakit Anda, gunakanlah obat herbal alami saja, karena obat herbal alami terbuat dari herbal alami, yang tentunya tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh Anda. Anda dapat meraciknya sendiri (baca juga : Obat Herbal dapat Mengobati Kanker? Mari Buktikan)dan Anda pula dapat membeli obat herbal yang telah dikemas sedemikian rupa.
  • Apabila Anda memilih menggunakan obat herbal alami yang telah dikemas, maka pilihlah obat herbal alami yang telah berstandar BPOM, karena dengan obat tersebut aman untuk Anda konsumsi. contohnya yaitu: NATURACAN HERBAL UNTUK KANKER

Semoga artikel tentang Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Kanker Lidah dapat bermanfaat bagi Anda sekalian.

Lakukanlah cara pencegahan diatas, agar Anda terhindar dari penyakit kanker lidah.

Sekian dan Terimakasih

Salam Sehat CV Karya Abadi