13 Penyebab dan Gejala Asam Urat Tinggi Yang Sering Tidak Disadari

Mengenal Asam Urat

Penyebab Asam Urat Tinggi Yang Sering Tidak Disadari-Penyakit asam urat merupakan penyakit arthritis yang dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh. Terkadang penyakitasam urat ini pula ada yang menyebutnya dengan penyakit encok, akan tetapi sebutan itu salah, karena encok dan asam urat ini berbeda.

Penyakit asam urat ini dapat menjadi penyakit kronis, kondisi ini bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh. Kondisi ini dapat dikelola dengan mengurangi beberapa faktor gaya hidup.

Penyakit asam urat dapat terjadi pada semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, akan tetapi pria lebih banyak terkena penyakit ini dari pada wanita.

Penyakit asam urat ini terjadi pada usia 30-50 tahun pada laki-laki, sementara pada perempuan lebih banyak ditemukan pada mereka yang telah mengalami menopause. Sedangkan, kelompok usia remaja dan anak-anak sangat jarang mengalami penyakit ini.

Tubuh yang sering terkena asam urat adalah jari kaki jempol, akan tetapi penyakit ini juga dapat mempengaruhi sendi lain di kaki anda, seperti lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Asam urat juga dapat terjadi di lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Serta tulang belakang pula dapat terkena penyakit asam urat meskipun jarang.

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat biasanya muncul dengan tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, serta sering terjadi pada tengah malam hari. Pada sebagian kasus gejala asam urat hanya terjadi dalam kurun waktu yag singkat ( beberapa jam selama 1-2 hari).

Akan tetapi terkadang terdapat kasus yang parah pada penyakit asam urat ini, yaitu terjadi pada kurun waktu yang cukup lama (berminggu-minggu).

Sementara, ada pula yang merasakan gejala asam urat hingga dalam kurun waktu yang sanagt lama dan berbulan-bulan (6-12 bulan) dalam intensitas yang berbeda tiap harinya. Apabila seseorang telah mengalami hal tersebut, maka dia telah mengalami penyakit asam urat, harus segera ditangani ataupun di obati dan di konsultasikan kepada dokter.

Seseorang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Adapun gejala gangguan asam urat diantaranya :

  • Daerah persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan terjadi pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan.
  • Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari.
  • Rasa nyeri terjadi secara berulang-ulang
  • Pada kasus yang lebih parah, daerah persendian akan terasa sakit saak digunakan untuk bergerak.
  • Organ tubuh yang biasanya terserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, maupun siku.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Asam urat tinggi dapat disebabkan karena kadar asam urat itu sendiri yang terlalu banyak di dalam tubuh. Dalam keadaan normal, zat kimia ini akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin dan tinja.

Seseorang yang mengalami asam urat, jumlah asam uratnya terlalu banyak dan tidak dapat diolah oleh tubuh. Pada akhirnya, zat tersebut akan membentuk kristal dan menumpuk di sekitar sendi, lalu menimbulkan peradangan.

Lalu apa yang menjadi penyebab asam urat di dalam tubuh tinggi? Yuk kita simak dibawah ini;

1. Faktor usia

Gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja. Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.

2. Jenis Kelamin

Diantara pria dan wanita yang sering terserang penyakit asam urat adalah kaum pria, mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

3. Makanan yang di konsumsi setiap harinya

Mengkonsumsi makanan cepat saji serta makanan yang mengandung banyak purin, seperti daging dan seafood akan membuat gejala asam urat muncul.

4. Olah raga yang tidak teratur

Olah raga yang tidak teratur dan kurangnya aktifitas dapat menjadi penyebab munculnya penyakit asam urat.

5. Riwayat keluarga (keturunan)

Apabila anda memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit asam urat, maka besar kemungkinan anda akan terkena penyakit asam urat, atau sering dikenal dengan penyakit yang bersumber dari gen (keturunan).

6. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan dipercaya mampu mengembangkan resiko gangguan asam urat, diantaranya :

  • Mengkonsumsi obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi
  • Mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke
  • Mengkonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson
  • Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain
  • Konsumsi niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.

7. Berat badan yang berlebih

Kelebihan berat badan bisa membuat tubuh mengahasilkan kadar asam urat dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga ginjal akan semakin kesulitan menyingkirkan kelebihan kadar asam urat tersebut.

Memiliki berat badan yang melebihi normal, dapat meningkatkan risiko terserang penyakit asam urat. Orang yang memiliki indeks massa tubuh yang lebih dari 25 kg/m 2 maka harus lebih waspada untuk terkena encok.

8. Dehidrasi

Seseorang yang mngalami kekurang cairan (dehidrasi), maka akan sulit mengeluarkan zat asam tersebut melalui urin. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab asam urat menumpuk di dalam tubuh.

9. Mandi malam

Mandi malam menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi, selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

10. Mengkonsumsi alkohol

Tidak dipungkiri lagi, alkohol sangat berbahaya pada tubuh, lebih-lebih bagi anda yang menderita penyakit tertentu, sehingga alkohol harus dihindari, karena mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat.

11. Konsumsi minuman yang terlalu manis

Penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

12. Kondisi kesehatan lainnya

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik, serta gangguan ginjal memungkinkan memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.

13. Pembedahan atau luka berat

Baru melakukan operasi pembedahan atau luka berat saat ini telah dikaitkan dengan peningkatan resiko asam urat tinggi.

Terlepas dari penyebab-penyebab tersebut diatas, beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada persendian mereka.

Mengobati Asam Urat dengan Obat Herbal

Apabila anda telah terkena penyakit asam urat dan anda telah mengalami gejala-gejala tersebut diatas, maka kami sarankan Anda dapat mengkonsumsi obat herbal yang telah berstandar BPOM.

Mengapa si harus memilih obat herbal yang bersandar BPOM? Karena obat yang sudah BPOM sudah pasti aman untuk dikonsumsi, terlebih berbahan herbal alami yang nantinya tidak memberikan reaksi kimia terhadap tubuh Anda.

Adapun rekomendasi obat herbal yang kami berikan untuk anda adalah G-OFF, mengapa?

G-OFF-Obat herbal alami yang terbukti paling efektif 100% dapat menyembuhkan penyakit asam urat dan mencegahnya, serta dapat mengurangi kadar purin dalam tubuh Anda.

Khasiat dan Kegunaan:

  • Membantu meredakan pegal linu
  • Mengatasi reumatik dan encok
  • Menormalkan kadar asam urat
  • Mencegah peradangan

Komposisi:

  • Orthosiphonis spicatus folium ekstrak
  • Apii graviolens herba ekstrak
  • Syzygium polyanthum folium ekstrak

Detail Produk:

  • Isi perbotol: 50 kapsul @ 500mg
  • Ijin BPOM TR: 173303181

Aturan minum:

  • pencegahan: 1 kapsul setelah makan, 2 kali sehari
  • terapi: 2 kapsul setelah makan, 2 kali sehari

Penyimpanan: taruh di tempat kering dan sejuk, hindarkan dari sinar matahari langsung pada suhu 30°C

Anda dapat membeli obat asam urat G-OFF dengan mengklik link disamping Toko Obat Herbal Online sekarang juga, demi kesehatan dan kebahagaian hidup Anda dan keluarga.

Semoga artikel tentang “13 Penyebab dan Gejala Asam Urat Tinggi Yang Sering Tidak Disadari” ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang budiman, serta dapat menjadi rekomendasi bagi anda penderita asam urat.

Sekian dan terima kasih…….

Salam Sehat Alami, CV Karya Abadi