13 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Menjaga kesehatan Paru-paru– Paru-paru (lung) merupakan organ tubuh yang ada di dalam dada yang melakukan peran utama dalam sistem pernafasan. Fungsi utama dari paru-paru adalah menukarkan oksigen dengan karbondioksida atau yang biasa dikenal sebagai proses bernafas.

Paru-paru adalah organ pada sistem pernafasan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Paru-paru berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbonmonoksida dari darah. Proses ini disebut dengan bernafas.

Manusia memiliki dua paru-paru yaitu paru kiri dan paru kanan. Paru kiri memiliki dua lobus sehingga memiliki ukuran lebih kecil dari paru kanan yang memiliki tiga lobus. Total panjang saluran udara yang melalui dua paru-paru mencapai 2400 kilometer. Manusia membutuhkan oksigen 550 liter setiap harinya.

Paru-paru merupakan bagian yang terdiri sebagian besar dari gelembung. Gelembung-gelembung inilah yang menjadi tempat pertukaran antara oksigen dengan karbondioksidsa. Banyaknya gelembung di dalam paru-paru sekitar 700 juta gelembung dengan ukuran berbeda-beda tergantung dengan dimana letaknya gelembung tersebut berada.

Paru-paru memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh karena melakukan pekerjaan yang luar biasa setiap hari. Paru-paru yang sehat dapat menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah.

Ketersediaan oksigen yang cukup bagi tubuh dapat memberikan dampak bagus bagi tubuh agar dapat bekerja dan melakukan aktifitas dengan baik. Gaya hidup yang sehat dapat menjaga kesehatan paru-paru. Tidak ada langkah besar yang akan kita capai apabila tidak dimulai dari langkah kecil.

Sebagian besar penyakit paru-paru sering berkembang tanpa terdeteksi sampai mereka menjadi cukup parah dan sulit diobati. Tetapi jika Anda rutin checkup, dokter bisa dengan mudah memeriksa kondisi paru-paru dan mengatasi masalah awal yang muncul.

13 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting dan tidak tergantikan untuk tubuh kita. Oleh karena itu menjaga kesehatan organ yang satu ini merupakan sebuah kewajiban. Bagaimana caranya?

1. Berhenti merokok

Merokok menjadi penyebab utama dari penyakit paru-paru yang serius seperti kanker paru dan penyakit paru obstruktif kronis. Asap dari rokok berisi lebih dari 400 senyawa kimia berbahaya dan 50 dari senyawa itu diketahui menyebabkan kanker.

2. Menjauhi asap rokok (menjadi perokok pasif)

Tahukah Anda bahwa dua per tiga dari asap rokok tidak dihirup oleh perokok, tetapi memasuki udara disekitar perokok. Seseorang yang bukan perokok namun menghirup asap rokok memiliki resiko penyakit yang sama dengan perokok. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari perokok pasif  adalah dengan melarang perokok untuk merokok di dalam rumah, mobil atau lingkungan kerja.

3. Mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air.

Diperkirakan tangan dapat menyebarkan 80 persen dari penyakit pernafasan yang menular seperti pilek dan flu. Resiko terinfeksi virus dan bakteri dapat dihindari dengan mencuci tangan setiap sebelum makan, sesudah makan dan sesudah buang air.

4. Menghindari polusi udara

Polusi udara didalam ruangan dan luar ruangan dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi seseorang yang memiliki penyakit paru-paru. Polusi udara dapat mengiritasi atau menghancurkan jaringan paru-paru. Bahkan polusi udara pada tingkatan yang rendah dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan.

5. Melakukan aktifitas fisik

Melakukan aktifitas fisik secara rutin minimal 30 menit setiap hari seperti senam aerobik dan berenang dapat menjaga kesehatan paru-paru, menjaga kestabilan emosi dan membantu mengelola stress.

6. Berenanglah selama 30 menit, beberapa kali seminggu.

Kalau Anda baru saja mau mulai rutin olahraga, cobalah konsultasikan dulu dengan seorang ahli mengenai jenis olahraga apa yang terbaik bagi kondisi Anda saat ini. Dan ingatlah bahwa olahraga akan membuat Anda bernapas lebih dalam dan lebih sering, jadi lebih baik lakukan pada waktu udara masih segar.

7. Lakukan latihan kardio berat selama setidaknya 20 menit, 5 kali seminggu.

Lakukan olahraga aerobik, misalnya berjalan kaki, menari, atau bersepeda, beberapa kali seminggu.

8. Hindari tempat-tempat ramai selama musim pilek dan flu.

Jika Anda sedang sakit, sebaiknya istirahat dulu di rumah sampai merasa lebih baik.

Sering-sering bersihkan rumah Anda, khususnya bagian karpet dan permadani. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu.

9. Jaga Kebersihan Diri

Orang-orang yang rentan terhadap infeksi paru-paru, yang memicu masalah sesak napas, harus selalu menjaga kebersihan. Dengan begitu akan mencegah penyakit infeksi pernapasan umum seperti pilek dan flu.

10. Cek Kesehatan Rutin

Checkup kesehatan rutin ke dokter guna memantau kondisi kesehatan paru-paru dan seluruh tubuh. Ingatlah bahwa sehubungan dengan kesehatan, yang terbaik adalah mencegahnya sebelum terjadi masalah.

11. Cukupi kebutuhan gizi

Cukupilah kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Konsumsilah vitamin dan antioksidan, karena sangat berguna dalam mendetokdifikasi (mengeluarkan racun) dalam tubuh, serta dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker serta paru-paru.

12. Gunakan produk yang aman bagi kesehatan paru-paru

Menjaga paru-paru agar tetap sehat tentunya kita harus mengunakan produk yang aman untuk kesehatan kita. Misalnya yaitu produk yang pembersih, mengapa demikian, karena produk tersebut mengandung bau yang sangat tajam, sehingga dalam produk tersebut mengandung jas yang berbahaya yang dapat merusak paru-paru apabila dihirup.

13. Ciptakan udara ruangan yang berkualitas

Udara yang terlalu pengap atau lembab tidak baik untuk kesehatan, sehingga kita dapat menggunakan air purifier, agar dapat membuat udara di dalam ruangan anda menjadi sehat.

Pesan

Anda dapat melakukan cara ampuh menjaga kesehatan paru-paru seperti di atas secara rutin dan berkala, demi kesehatan paru-paru anda. Bukan hanya menjadikan paru-paru sehat, tapi juga sekaligus akan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan dan kualitas hidup Anda.

Saran

Kami juga menyarankan anda dapat menggunakan produk herbal yang khusus untuk menangani kesehatan paru-paru anda, yaitu salah bio Respira karena merupakan obat herbal yang telah mempunyai sertifikat BPOM, sehingga aman untuk anda konsumsi setiap harinya dan dalam jangka panjang.

Anda dapat membelinya dengan mengklik pada link disamping http://tokoherbal123.com/?bio-respira-obat-herbal-paru-paru

Semoga artikel yang kali ini tentang 13 cara ampuh menjaga kesehatan paru-paru, dapat bermanfaat bagi anda, khususnya para penderita paru-paru. Dan semoga dengan kalian membaca ini penyakit paru-paru anda dapat sembuh dengan total, tentunya atas seijin yang maha kuasa. Aamiin….

Senin, 05 Maret 2018