diabetakibat diabetes menyebabkan penyakit kulitCara-menyembuhkan.com – Akibat diabetes dapat mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk kulit Anda. Sekitar sepertiga dari orang-orang yang menderita diabetes akan mengeluhkan masalah kulit di beberapa titik. Masalah kulit ini bisa diobati jika terdeteksi sejak dini. Menjaga kontrol gula darah secara tepat dapat mencegah masalah kulit dan gejala diabetes lainnya.

Akibat Diabetes Berdampak pada Permasalahan Kulit

Beberapa masalah kulit berikut ini adalah dampak akibat diabetes, perhatikan dengan baik dan usahkan tidak terkena penyakit diabetes. Karena akan berdampak kerusakan pada kesehatan kulit tubuh Anda. dan berikut ini adalah masalah-masalah kulit yang di akibatkan oenyakit diabetes, diantaranya adalah :

1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri memang bisa menyerang siapa saja, namun penderita diabetes lebih rentan terserang bakteri daripada orang sehat. Masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri yang cenderung dialami akibat diabetes adalah benjolan kelopak mata, bisul, infeksi kuku, infeksi dalam kulit dan jaringan di bawahnya. Biasanya daerah sekitar infeksi akan menjadi panas, merah, nyeri, dan bengkak. Pengobatan dengan krim anti-biotik atau pil biasanya akan mengurangi masalah ini.

2. Infeksi Jamur

Akibat diabetes biasanya rentan terhadap jamur, terutama yang disebut Candida albicans. Jamur yang mirip ragi ini mengakibatkan kulit menjadi merah, gatal, dan melepuh. Jamur ini biasanya menyerang daerah lembab atau hangat seperti ketiak dan sela-sela jari kaki.

3. Gatal

Pada penderita diabetes, infeksi jamur, kulit kering atau sirkulasi yang buruk dapat menjadi akar penyebab timbulnya gatal. Aliran darah yang buruk juga bisa menjadi penyebabnya. Jagalah kebersihan kulit Anda. Pakailah lotion untuk menjaga kulit Anda agar tidak kering.

4. Vitiligo

Ini adalah suatu kondisi dimana sel-sel kulit yang membuat melanin (pigmen coklat) menjadi hancur, tidak teratur dan jerawat. Vitiligo sering menyerang di daerah tangan, wajah atau dada. Meskipun penyebab vitiligo tidak diketahui, para ahli percaya itu adalah kondisi autoimun seperti diabetes tipe 1, dan penelitian telah menemukan hubungan antara dua kondisi itu.

Meskipun vitiligo tidak ada obatnya, namun terapi cahaya atau stroid topikal diyakini bisa mengatasi kondisi ini. Jika Anda menderita vitiligo, disarankan bagi Anda untuk memakai tabir surya SPF 30 atau lebih, karena kulit tanpa pigmen tidak memiliki perlindungan dari matahari secara alami.

5. Neuropathy

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf yang disebut Neuropathy. Ini adalah gejala diabetes yang umum. Kadang-kadang kerusakan itu menyebabkan mati rasa di kaki. Jika Anda menderita penyakit ini, mungkin ketika Anda menginjak sesuatu tidak akan terasa namun kaki Anda tiba-tiba terluka. Luka inilah yang disebut ulkus dan dapat berkembang menjadi infeksi.

6. Diabetic Blisters

Kulit melepuh karena diabetes. Biasanya terjadi di daerah punggung jari, tangan, jari kaki, dan kaki. Lukanya seperti melepuh karena luka bakar. Menjaga kadar gula darah adalah satu-satunya cara mengobati penyakit kulit ini.

7. Eruptive Xanthomatosis

Diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan penyakit ini. Penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan seperti lingkaran merah dan terasa gatal. Benjolan ini biasanya terdapat di punggung tangan, kaki, lengan dan pantat. Penyakit ini biasanya menyerang pria muda dengan diabetes tipe 1 yang memiliki kolesterol dan trigliserida tinggi.

8. Digital Sclerosis

Sekitar sepertiga penderita diabetes tipe 1 akan memiliki penyakit lain bernama Digital Sclerosis. Ini adalah kondisi dimana kulit di punggung tangan serasa tebal, keras dan seolah terlapis lilin. Persendian jari menjadi kaku dan sulit bergerak. Kadang-kadang rasa kaku juga timbul di daerah jari kaki dan dahi.

9. Disseminated Granuloma Annulare

Masalah kulit ini mengakibatkan kulit menjadi merah kecoklatan disertai bintik-bintik berbentuk cincin. Penyakit ini sering terjadi pada jari dan telinga. Penyakit ini biasanya hilang dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas luka.

10. Acanthosis Nigricans

Penyakit ini menyebabkan kulit di lipatan tubuh menjadi gelap dan tebal. Masalah kulit ini biasanya terjadi pada orang yang gemuk. Masalah kulit ini tidak ada obatnya, tetapi penurunan berat badan akan mengembalikan penampilan Anda. Acanthosis Nigricans biasanya muncul sebelum diabetes.

Diabetes Sembuh, Penyakit Kulit Tak Akan Tumbuh

Diabetes memang menimbulkan masalah penyakit lain yang lebih serius. Maka dari itu, penyakit diabetes perlu segera diatasi. Jika Anda sudah mencoba mengatasi penyakit diabetes Anda dengan berobat secara medis, namun belum sembuh juga. Anda perlu mencoba untuk mengatasi diabetes dengan cara herbal.

Natural Remedies adalah formula khusus yang telah teruji dan terbukti ilmiah membantu mengontrol kadar gula darah secara alami. Bahan aktif herbal berbentuk kapsul ini mempengaruhi kadar glukosa dalam darah dan urin menjadi normal kembali sehingga membuat fungsi tubuh beroperasi secara normal.

Natural Remedies meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pada penderita diabetes dan menghilangkan gejala diabetes seperti: rasa letih, pusing, rasa sakit badan atau kaki dan gejala-gejala lainnya. Natural Remedies juga baik digunakan untuk membantu mencegah komplikasi yang terkait dengan diabetes dan meremajakan dan memelihara sistem seluruh tubuh.

Baca juga artikel kesehatan lainnya disini >>